Indonesia di Swedia

Friday, June 08, 2007

06-June-2007
Keranjang Sampah Pelajar Surabaya Ke Swedia

Ketiganya merupakan satu dari 15 tim finalis yang mengikuti program Volvo Adventure Award (VAA).

Tiga pelajar SMU dari Surabaya, yaitu Agnes Santoso, Vania Santoso dan Wening Pranayadipta diundang ke Swedia untuk mempresentasikan penelitian berjudul “Useful Waste for a Better Future”. Hasil penelitian ke tiganya itu terbukti mampu mengikis produksi sampah di Surabaya sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat dari sampah sepanjang dua tahun terakhir.

Ketiganya merupakan satu dari 15 tim finalis yang mengikuti program Volvo Adventure Award (VAA). VAA sendiri merupakan kegiatan international yang melombakan ide-ide segar untuk perbaikan lingkungan, yang dapat diikuti siswa berusia 13-16 tahun dan kurang dari 13 tahun.

Ketiganya juga merupakan satu-satunya finalis dari Asia Tenggara. Ketiganya terpilih sebagai finalis berkat penelitiannya yang tak saja mengubah produksi sampah di Surabaya semakin sedikit, tapi juga berhasil mengubah sampah menjadi barang-barang daur ulang bernilai ekonomi sehingga menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat di Surabaya.

Bila hasil penelitiannya itu meyakinkan juri, maka ketiganya dapat membawa pulang hadiah uang tunai sebesar US$ 10.000 untuk juara pertama, US $ 6.000 (juara kedua), dan US $ 4.000 (juara tiga).

Untuk menghasilkan sampah bernilai ekonomis, ketiganya membedakan sampah menurut jenisnya, yakni sampah organic dan non organic. Sampah non organic seperti gelas plastic, botol lastik dan lainnya dijual atau didaur ulang menjadi kreasi unik seperti souvenir, tas, pigura foto dan sebagainya.

Hasil yang diperoleh dari penggolongan ini, ketiganya mampu memproduksi kompos (dari sampah organic) sebanyak 2 ton per bulan. Sedang dari sampah non organic yang kemudian didaur ulang menjadi souvenir dan sebagainya yang nilainya mencapai Rp. 8 juta setiap bulannya.

Tidak kalah pentingnya, adalah penurunan jumlah sampah. Kegiatan ketiga anak muda itu mampu menurunkan sampai hingga 80% dari 1,1 ton sampah setiap bulannya.

(Sumber: http://www.oto.co.id/infootomotif/berita_detail.asp?
ContentID=2007060609200406530077#)

-------------------------------------------------------------------------
Bangga gak siy denger berita kayak gini.. Ternyata Indonesia masih punya sisi positif yang patut dibanggakan.. Dan kabar terakhir yang gw denger adalah kalo wakil dari Indonesia ini menang juara PERTAMA.. WOW!!
Salute to Indonesia and to every women in the world..
Mudah2an semua warga Indonesia bisa menghargai prestasi-prestasi seperti ini... Dan DI HAK PATEN!!!!

No comments:

Diseño original por Open Media | Adaptación a Blogger por Blog and Web